-->

Efek Yang Terjadi Jika Kita Tidak Tidur


 

#InfoEB

#SideEffect


Tidur adalah kegiatan wajib bagi semua makhluk hidup untuk meristirahatkan tubuh. Dengan tidur, anda bisa mengembalikan tenaga anda yang terkuras untuk kegiatan yang anda lakukan selama sehari. 

Karna itu, para ahli menganjurkan anda untuk tidur beberapa jam di tiap harinya sesuai dengan usia anda. 

Akan tetapi, sebagian orang mengalami susah tidur malam, alasannya mungkin karena tuntutan pekerjaan, tugas, bisa juga mengalami stres. 

Kemungkinan besar orang tersebut akan mengalami kesalahan jam tidur sebagai akibat kurang tidur di malam hari, layaknya hewan nokturnal.

Apa Akibat Jika Manusia Tidak Tidur?

Hal inilah yang akan terjadi jika anda tidak tidur :

-Tidak tidur dalam kurun waktu 24 jam : Mengigau, perasaan tidak stabil, dan perasaan sangat mengantuk.

-Tidak tidur dalam kurun waktu 48 jam : Gangguan koordinasi, kelainan pada hormon, dan penurunan fungsi memori, namun berdasarkan studi akan mempertajam memori jangka pendek.

-Tidak tidur dalam kurun waktu 72 jam : Halusinasi dan kecenderungan untuk melakukan microsleep atau beberapa detik sampai satu menit disaat pandangan menjadi gelap.

-Tidak tidur dalam kurun waktu lebih dari 11 hari : Memenangkan hadiah sebagai manusia yang paling lama tidak tidur, rekor sekarang dipegang oleh Randy Gardner.

-Tidak tidur dalam kurun waktu lebih dari 2 minggu : Kemungkinan kematian. Eksperimen kepada tikus memperlihatkan bahwa mereka mati setelah 2-4 minggu tidak tidur di bawah pengawasan para peneliti yang memastikan mereka tidak tidur, kemungkinan karena hipermetabolisme.

-Tidak tidur dalam kurun waktu lebih dari 6 bulan : Kematian; tidak tidur sampai selama ini hanya akan mengakibatkan kelainan langka seperti familial insomnia fatal.

lalu bagaimana jika kalian memang kesulitan tidur ?

Beberapa tips diantaranya :

- Matikan semua gadget, komputer dan televisi.

- Hindari konsumsi kafein atau alkohol sebelum tidur. 

- Konsumsi buah atau minuman hangat sebelum tidur.

- Bisa dengan sedikit makan, tapi jangan sampai terlampau kenyang.

- Minum susu, memang masih jadi kepercayaan jika minum susu bisa membuat kita lebih mudah tidur.

- Dengarkan musik berirama pelan.


Sc : 

https://www.galena.co.id/q/apa-yang-akan-terjadi-jika-manusia-sama-sekali-tidak-tidur

https://www.idntimes.com/health/fitness/pinka-wima/cara-cepat-tidur-malam-untuk-orang-insomnia

LihatTutupKomentar